Pages

Monday, December 26, 2016

Resensi Fim "Rudy Habibie"

A. Data Film
Judul Film: RUDY HABIBIE (HABIBIE & AINUN 2)
Sutradara: Hanung Bramantyo
Produser: Manoj Punjabi
Pemeran:
1. Reza Rahadian sebagai (Rudy Habibie)
2. Chelsea Islan
3. Indah Permatasari
4. Ernest Prakasa
5. Boris Bokir
6. Cakra Khan
7. Verdi Solaiman
8. Donny Damara
9. Dian Nitami
10. Pandji Pragiwaksono
Negara : Indonesia
Tanggal Rilis : 25 Juni 2016


B. Sinopsis
Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih akrab disebut dengan nama Rudy Habibie adalah seorang anak dari keluarga sederhana yang mempunyai cita-cita ingin membuat pesawat dan merupakan wasiat dari ayahnya untuk menjadi manfaat bagi orang lain. Namun untuk mencapai cita-citanya itu memang sulit mulai dari keuangan, waktu, dan lain-lain. Tapi Rudi bersikeras dan ia dikuliahkan di RWTH Ancheen, Jerman Barat.

Selama berkuliah, Rudy adalah mahasiswa terbaik di universitasnya hingga ia langsung loncat dari semester satu ke semester tiga. Hingga suatu ketika, Rudy dikenalkan kepada organisasi pelajar indonesia yang berada di seluruh Eropa dan belum lama ia masuk kedalam organisasi tersebut, ia menjadi ketua umum PPI dan langsung merencanakan Seminar Pembangunan Industri Dirgantara yang bertujuan untuk membangun integritas bangsa. Karena mennurutnya, Buat apa merdeka kalau tidak punya integritas.

Banyak sekali halangan dan rintangan yang Rudy hadapi demi mewujudkan proyeknya. Tetapi, Rudy selalu ditemani oleh Ilona, seorang wanita berdarah Jerman yang menyukai apa-apa yang berhubungan dengan Indonesia. Dan mereka menjadi pasangan yang serasi dan kompak melalui itu semua. Tapi, di akhir cerita hubungan mereka harus berakhir karena Rudy telah besumpah ketika ia dirawat di Rumah sakit bahwa ia akan selalu mencintai Ibu Pertiwi Indonesia. Iapun melanjutkan proyeknya dan akhirnya berhasil membangun Industri Dirgantara untuk integritas Indonesia.

C. Kelebihan
Dalam film ini, banyak sekali nnilai yang dapat kita pelajari diantaranya:
1. Kita diajarkan untuk menjadi mata air. Apabila air itu jernih, maka di sekitarnyapun akan terbawa bersih. Tapi apabila air itu keruh, maka disekitarnyapun akan mennjadi keruh.
2. Kita diajarkan untuk tetap tegar menghadapi cobaan dan rintangan yang dihadapi.
3. Kita diajarkan agar selalu memperjuangkan sesuatu yang menurut kita berguna bagi banyak orang.
4. Kita diajarkan agar selalu cinta kepada NKRI.

D. Kekurangan
1. Di dalam film ini dijelaskan bahwa Rudy habibie tidak suka diganggu oleh orang asing. Dengan kata lain, Rudi habibie dalam sosialisasi kepada orang asing sangat kurang. Padahal sosialisasi merupakan salahsatu kunci untuk membangun kerjasama dan ketentraman hidup di negara orang.
2. Di dalam film ini menampakan beberapa kali Rudy berputus asa dan ingin kembali ke Indonesia dengan posisi gagal.
E. Penilaian
Film ini sangat disarankan untuk ditonton. Karena banyak sekali pelajaran positif yang terkandung didalamnya. Dimulai dari persahabatan, percintaan, sosial, keadilan, dan kecintaan terhadap Ibu Pertiwi terkandung di dalm film ini. Semoga dengan film ini menjadi salah satu motivasi untuk menambah kualitas hidup kita sehingga tidak menjadi manusia yang hanya begitu saja tanpa ada aksi dan relasi.

No comments:

Post a Comment

blog anda :