Pages

Monday, December 26, 2016

Resensi Film "3 Idiots"

A. Identitas Film
Judul : 3 Idiots
Sutradara : Rajkumar Hirani
Skenario : Rajkumar Hirani, Vidhu Vinod Chopra, Abhijat Joshi
Genre : Comedy / Drama / Romance
Pemain :
1. Aami Khan sebagai Ranchoddas Shamaldas Chanchad (Rancho) / Phunsukh ‘Chotte’ Wangdu
2. R.Madhavan sebagai Farhan Qureshi
3. Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi
4. Kareena Kapoor sebagai Pia Sahastrebuddhe
5. Boman Irani sebagai Viru Sahastrebuddhe (ViruS)
6. Mona Singh sebagai Mona Sahastrebuddhe (kakak perempuan Pia)

Produksi : Vidhu Vinod Chopra Production
Dirilis : 25 Desember 2009
Musik : Shantanu Moitra, Atul Raninga, Sanjay Wandrekar
Durasi : ± 2 jam 43 menit

B. Sinopsis
Rancho, Farhan, dan Raju adalah sahabat yang sama-sama kuliah di Imperial College of Engineering. Mereka sangat dekat hingga apapun yang mereka lakukan di universitas itu selalu bersama-sama hingga mereka mendapat julukan “idiot” oleh salahsatu Profesor yaitu Virus Karena melakukan keanehan-keanehan bersama-sama hingga membuat Virus marah besar. Dan ketika apapun terjadi, Rancho mengajarkan teman-temannya mengatakan “all is well” agar tenang karna semua akan baik-baik saja.

Rancho adalah orang yang jenius dibandingkan dengan kedua temannya. Ia berani menantang Virus karena ia merasa ada yang salah dengan sistem pengajaran hingga ada salahseorang mahasiswa yang gantung diri. Disinilah Rancho mulai menentang sekaligus diberi julukan idiot oleh Virus. Disisi lain, ada juga mahasiswa yang pro terhadap Virus yaitu Chatur. Hingga suatu saat Chatur dipermalukan oleh Rancho dan merekapaun membuat perjanjian di atap gedung, 10 tahun yang akan datang siapakah yang akan sukses di kehidupannya.

10 tahun kemudian, chatur mengumpulkan Farhan, Raju dan Rancho. Tetapi Rancho tidak datang karena tidak ada yang tahu dimanakah ia berada. Dan akhirnya Chatur, Farhan, dan Raju memutuskan untuk mencari Rancho karena Chatur belum tahu siapa yang lebih sukses darinya, sekaliagus melepas rindu Farhan dan Raju terhadap Rancho.

Mereka mencari-cari Rancho dan ternyata menemukan rumah besar berpenghuni yang memang benar penghuni di rumah itu adalah yang bernama Rancho. Dan ternyata ia hanya menggunakan namanya untuk mendapatkan ijazahnya saja karena kejeniusan Rancho. Tetapi setelah dipaksa oleh Farhan dan Raju, yang bernama Chancad itu mengaku dan memberitahu keberadaan Rancho. Farhan dan Raju melanjutkan pencariannya hingga mereka bertemu dan bahagia telah bersama kembali. Ketika mereka tertawa bersama, Chatur datang dengan selembar kertas deklarasi kekalahan dan meminta Rancho menandatanganinya. Chaturpun tertawa terbahak-bahak dengan keadaan Rancho padahal ia tidak tahu siapa sebenarnya Rancho. Rancho adalah Puchuk Wangdu, ilmuan yang telah janjian dengannya untuk mendiskusikan proyeknya. dan ternyata memang Rancho yang menang dalam perjanjian 10 tahun lalu itu.

C. Kelebihan
1. Film ini mengajarkan kita agar tetap selalu tenang “all is well” semua akan baik-baik saja.
2. Ketika kita belajar, kita harus mengerti dengan apa yang kita pelajari, bukan Cuma menghafal.
3. Persahabatan yang sejati adalah sahabat yang benar-benar saling mengisi ketika senang ataupun sedih.
4. Kita harus selalu senang belajar dan terus belajar agar mencapai maksimal.

D. Kekurangan
1. Di film ini banyak sekali kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pemeran dengan karaktermya masing-masing. Sehingga butuh bimbingan bagi anak-anak yang ikut menonton film ini.
2. Salahsatu kutipan yang kurang baik didengar dan diperagakan adalah “jika anda tidak bisa menaikkan nilai anda, maka turunkanlah nilai orang”.

E. Penilaian
Film ini sangat disarankan untuk ditonton. Karena banyak sekali pelajaran positif yang terkandung didalamnya. Dimulai dari persahabatan, sosial, keadilan, dan menuntut kebenaran terkandung di dalm film ini. Semoga dengan film ini menjadi salah satu motivasi untuk menambah kualitas hidup kita sehingga tidak menjadi manusia yang hanya begitu saja tanpa ada aksi dan relasi.

No comments:

Post a Comment

blog anda :